Senin, 12 Oktober 2020

Jaring-Jaring Bangun Ruang

 

Pengertian Jaring-Jaring

Jaring–jaring bangun ruang merupakan pembelahan sebuah bangun ruang yang berkaitan dan jika di gabungkan akan menjadi sebuah bangun ruang tertentu.

Terdapat berbagai macam bangun ruang, antara lain yaitu kubus, balok, prisma segitiga, tabung, kerucut. Berikut adalah beberapa jaring-jaring bangun ruang.

Jaring-jaring kubus

Kubus adalah jenis bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi enam bidang sisi yang memiliki bentuk bujur sangkar. Hingga jaring-jaring kubus tersusun dari 6 buah bujur sangkar.



Jaring-jaring Balok

Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi, dibentuk tiga pasang persegi ataupun persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya memiliki ukuran yang berbeda. Sehingga jaring – jaring balok terdiri atas 6 buah persegi atau persegi panjang.

 


Jaring-jaring prisma segitiga



Prisma segitiga merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup identik memiliki bentuk segitiga dan sisi tegak berbentuk segiempat. hingga jaring-jaring prisma segitiga terdiri atas 2 buah segitiga dan 3 buah persegi atau persegi panjang.



Jaring-jaring prisma segilima

Prisma segilima merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi alas dan tutup identik yang memiliki bentuk segilima dan sisi-sisi tegak berbentuk segiempat. hingga jaring-jaring prisma segitiga terdiri atas 2 buah segilima dan 5 buah persegi atau persegi panjang.


Jaring-jaring prisma segienam


Prisma segienam merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi alas dan tutup identik memiliki bentuk segienam dan sisi-sisi tegak berbentuk segiempat. hingga jaring-jaring prisma segitiga terdiri dari 2 buah segienam dan 6 buah persegi /persegi panjang.



Jaring – Jaring Tabung


Tabung atau silinder adalah suatu bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk pada dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran itu sendiri, hingga jaring-jaring tabung terdiri atas dua buah lingkaran dan sebuah persegi panjang.


Jaring Kerucut

Jaring-jaring kerucut terdiri atas lingkaran sebagai alasnya dan bangun segitiga dengan alas lengkung yang disebut selimutnya.



Jaring-Jaring Limas Segitiga



Limas segitiga merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi pada alas yang memiliki bentuk segitiga dan 3 sisi tegak berbentuk segitiga.



Jaring Limas Segiempat



Limas segi empat atau disebut piramid. Limas segi empat merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi alas yang memiliki bentuk segiempat atau persegi dan 4 sisi tegak berbentuk segitiga.



Jaring Limas Segilima



Limas Segilima merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas yang memiliki bentuk segilima dan 5 sisi tegak berbentuk segitiga.



Jaring Limas Segienam



Limas Segienam merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi alas yang memiliki bentuk segienam dan 6 sisi tegak berbentuk segitiga



Jaring-jaring bola

Jaring bola adalah bangung ruang yang dibatasi hanya sebuah sisi saja dan tidak mempunyai rusuk seperti bangun ruang lainya. Jaring bola merupakan irisan-irisan yang menyerupai punggung pada daging buah jeruk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar