Rabu, 15 April 2020

Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

Di Indonesia, sebagian besar perusahaan bergerak di bidang pertanian. Selain pertanian, ada berbagai jenis perusahaan di masyarakat Indonesia. Ada jenis perusahaan yang menghasilkan barang, dan ada jenis perusahaan yang menghasilkan jasa. Berikut adalah beberapa jenis bisnis selain pertanian.
A. Industri
Industri adalah pengolahan barang dengan fasilitas dan peralatan, seperti mesin. Ada industri yang mengolah bahan baku atau bahan mentah menjadi produk olahan. Ada industri yang hanya mengolah bahan mentah menjadi produk setengah jadi. Ada juga industri yang mengolah produk setengah jadi menjadi bahan jadi.
Ada industri besar dan industri kecil. Industri besar mengkonsumsi peralatan, modal, dan tenaga kerja dalam jumlah besar. Industri kecil menggunakan lebih sedikit peralatan, modal, dan tenaga kerja. Contoh industri kecil adalah produsen furnitur, produsen tahu atau tempe dan pengrajin keramik. Contoh industri besar adalah industri baja, industri otomotif dan industri tekstil.
B. Usaha Dagang
Perdagangan adalah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan aktivitas jual beli. Ada pengalihan kepemilikan dalam perdagangan. Pedagang membeli barang atau jasa dari satu tempat pada suatu waktu dan kemudian menjualnya ke tempat lain untuk mendapat untung.
Tanpa perdagangan, setiap orang harus memenuhi kebutuhan mereka sendiri untuk hidup mereka. Dalam perdagangan, produsen menjual produk mereka kepada konsumen. Komoditas termasuk makanan, pakaian, hewan, peralatan listrik, kendaraan bermotor, dll.
C. Layanan
Layanan adalah semua kegiatan atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain (konsumen). Meskipun tidak menghasilkan barang seperti industri gula-gula, ia menghasilkan pakaian. Perusahaan jasa memberikan layanan kepada konsumen. Contoh layanan penjualan pekerjaan adalah guru, pengacara, dokter, montir mobil, jasa keuangan, pemandu wisata, dll.
Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam
Untuk memenuhi kebutuhan hidup, orang melakukan berbagai hal. Berbagai kegiatan dan jenis bisnis untuk produksi barang dan jasa. Salah satu jenis bisnis di masyarakat adalah pengolahan sumber daya alam dari lingkungan.
Kita tahu berbagai bentuk aktivitas manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jenis operasi di bidang produksi, di mana sumber daya alam (hewan dan tanaman) diproses, disebut sebagai bisnis pertanian. Jenis-jenis perusahaan yang meliputi bidang pertanian (pertanian dalam arti luas) meliputi sawah, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.
Secara umum, bisnis beras dan perkebunan beroperasi di daerah pedesaan, karena negaranya masih besar. Namun, kita sekarang dapat menanam di ruang tertutup, misalnya dengan hidroponik (tanaman dengan media air) atau dengan melakukan skarifikasi (menanam tanaman dengan menempatkan media tanaman dalam wadah yang diatur secara vertikal). Tanah pertanian ditanami sayuran, buah-buahan dan sereal. Lahan pertanian juga digunakan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan termasuk anyelir, teh, permen karet, kakao, tembakau, kopi dan minyak sawit.
Operasi peternakan membutuhkan area yang luas. Hewan yang dibesarkan adalah sapi, kambing, domba, bebek dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutera. Kepompong ulat sutera dapat menghasilkan serat kain sutra mentah.
Untuk menambah pengetahuan kalian, simak video berikut!

Silahkan kerjakan Quiz dibawah ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar