Rabu, 15 Mei 2024

Rangkuman IPS

Mendoan dan Dawet Ayu meupakan makanan khas Jawa Tengah.

Hubungan kenampakan alam pada suatu daerah memengaruhi mata pencaharian penduduk. Contohnya kegiatan ekonomi masyarakat di daerah pesisir pantai sebagian besar adalah nelayan, sedangkan pada daerah dataran rendah sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Penggunaan peledak oleh nelayan sekarang dilarang oleh pemerintah. Hal tersebut dikarenakan penggunaan  bahan peledak mengakibatkan punahnya spesies ikan karena bahan peledak semua ikan, dari anak ikan sampai ikan yang besar.

Di Pulau Sulawesi, Gunung Lompo dan Malino adalah nama gunung berapi yang terdapat di pulau ini. Flora yang banyak tumbuh di pulau ini misalnya kayu eboni dan kayu damar. Sedangkan fauna yang hidup di pulau ini misalnya burung maleo, kus-kus, dan anoa.

Contoh jenis kegiatan ekonomi di bidang pertanian adalah penanaman padi, jagung, atau ketela untuk kebutuhan makanan pokok.

Hasil sidang PPKI pertama antara lain: Mengesahkan UUD 1945 dan Memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden.

Salah satu contoh peristiwa heroik setelah kemerdekaan ketika peristiwa Bandung Lautan Api dengan tokohnya Mohammad Toha.

Thailand merupakan negara penghasil padi terbesar sehingga dijuluki “Lumbung Padi Asia Tenggara,”.

Ciri-ciri masyarakat modern antara lain: Mata pencahariannya tidak lagi bergantung pada alam dan Penggunaan teknologi tinggi.

Kehidupan masyarakat setelah adanya perkembangan teknologi yaitu: Masyarakat   dapat   dengan cepat   dan   mudah   mengetahui   informasi yang dibutuhkan melalui internet dan Masyarakat lebih senang berbelanja secara on line.

Interaksi sosial di kalangan masyarakat menurun merupakan contoh dampak negatif kemajuan teknologi terhadap perubahan sosial budaya masyarakat.

Contoh peran Indonesia di bidang politik yaitu Indonesia sebagai anggota KTT ASEAN dan sebagai tuan rumah KTT ASEAN.

Peran Indonesia dalam bidang sosial-budaya di sektor olah raga di kawasan ASEAN adalah penyelenggara dan peserta Sea Games.

Contoh kerjasama di bidang Pendidikan adalah Pertukaran pelajar antar negara di ASEAN.

Peso merupakan nama Mata Uang negara Filiphina.

Kopi termasuk komoditas ekspor Indonesia ke negara ASEAN yaitu negara Malaysia.

Kuala Lumpur adalah nama Ibu kota negara Malaysia.

Sikap rela berkorban merupakan salah satu contoh yang menunjukkan perilaku positif masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan.

Dengan diikrarkannya proklamasi kemerdekaan memberikan pesan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia bukan lagi negara yang dijajah, memiliki hak yang sama dengan negara lain dan menjadi negara yang mandiri. Hal ini menunjukkan proklamasi Indonesia memiliki makna pengakuan kepada dunia luar.

Manfaat rotan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

a.      sebagai bahan perabot rumah tangga

b.     untuk bahan baku kerajinan tangan

c.      pembuatan bola sepak takraw

d.     untuk obat tradisional

 

Pengaruh kegiatan ekonomi seperti pertanian terhadap kesejahteraan masyarakat yakni dalam kegiatan produksi membantu masyarakat di semua daerah memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagi produsen sendiri, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut digunakan untuk tetap menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidupnya. ini dilakukan dalam usaha mencapai kemakmuran hidup.

Contoh penerapan nilai perjuangan proklamasi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah antara lain:

a.    Saling menghormati teman yang berbeda agama.

b.   Gemar membantu teman-temannya yang berada dalam kesusahan.

c.    Berteman dengan siapa saja.

d.   Menghindari tawuran antar sekolah.

e.    Bersikap mengayomi terhadap adik kelas.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar